Senin, 03 September 2012

Pendekatan Dan Analisis sistem

Sistem-sistem pertanian atau farming systems dibedakan dengan farm system. Farm system atau usahatani lebih mengarah pada spesifikasi usaha seperti bertani padi, ternak itik atau memelihara ikan. Sedangkan farming systems fokus pada kordinasi antar usahatani menuju integrasi atau pertanian terpadu.

Integrasi antara farm system merupakan tujuan utama dari farming systems, hal ini diperlukan dalam untuk meminimalisir kehilangan sisa dari farm system atau usaha tani. contohnya adalah integrasi antara padi, ikan dan itik. Farm systems dilaksanakan pada daerah-daerah tropis. Diharapkan pembangunan pertanian kedepan lebih diarahkan pada farming systems yakni membangun pertanian yang menghargai keanekaragamanhayati. Hal ini merupakan hasil evaluasi terhadap farm system yang mengorbankan keanekaragaman dan mengarah pada systim monokultur, misalnya program revolusi hijau yang kontroversi itu.

Sejarah farming systems

Sejarah farming systems mengikuti sejara perkembangan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hal ini dimulai dari masa berburu, mengumpul dan domestifikasi. Tahap domestifikasi merupakan tahap dimana prapertanian berkembang.

Sistim pertanian yang pertama kali muncul adalah (1) ladang berpindah, cara ini pada lahan produksi akan turun dari tahun ke tahun, hal ini disebabkan karena tidak ada pemakaian pupuk, obat-obatan dan teknologi. Ciri-ciri ladang berpindah adalah jenis tanamannya adalah campuran (beragam jenis) dan terjadi bera panjang (lahan tidak digunakan dalam beberapa tahun). (2) Ley system (gabungan ternak dan tanaman), systim ini tidak lama bertahan. (3) systim bertani menetap, ada dua macam yaitu tanaman semusim dan tahunan. Ciri-ciri pertanian menetap adalah jenis tanaman monokultur, tidak ada bera dan pertanian input tinggi.

Ekosistem terbaik adalah ekosistem yang banyak jenis tanamannya (biodiversity/kenekaragaman), biodiversity tinggi berarti alam akan stabil.

Pertanyaan: Sistim pertanian seperti apa yang dibutuhkan di masa depan ??

Buku: Rothenberg (1980), Farming systems
          Edward, dkk (198?), Suitainable Agriculture System



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar